Lazimnya pengajuan pinjaman online tanpa jaminan melalui Fintech membutuhkan foto KTP sebagai salah satu syarat. Bahkan beberapa Fintech mengharuskan calon peminjam berfoto selfie sebagai sarana pemindaian wajah. Meski demikian ada juga lho pinjaman online tanpa foto KTP dan foto dokumen persyaratan.

Apa saja keuntungan mengajukan aplikasi kredit tanpa foto KTP dan bagaimana ciri dari jenis pinjaman ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Pinjaman Online Tanpa Foto KTP

pinjaman online tanpa foto ktp

Memilih institusi keuangan sebagai sarana memperoleh pinjaman dana perlu Anda lakukan secara cermat. Tidak hanya suku bunga dan biaya yang perlu kita perhatikan, namun juga persyaratan hingga jangka waktu kredit yang dapat kita pilih. Syarat utama pengajuan pinjaman online biasanya berupa KTP, Rekening Bank, dan NPWP.

Kartu Tanda Penduduk menjadi identitas seseorang yang sangat penting manfaatnya. Di samping sebagai identitas kependudukan KTP sering sekali bermanfaat untuk berbagai urusan.

Sebagai contoh saat membuka rekening bank maupun mengajukan pinjaman. Mau tidak mau calon nasabah harus menunjukkan KTP sebagai salah satu persyaratannya.

Demikian halnya berbagai urusan lain seperti kredit barang dan kendaraan. Membeli rumah, bahkan daftar sebagai pasien rumah sakit pun saat ini memerlukan KTP.

Sebagai syarat pengajuan pinjaman online, KTP berfungsi untuk berbagai keperluan mulai dari validasi data. Alamat, tanggal lahir, pekerjaan, keluarga dekat, akun bank, dll.

Dari data yang terdapat pada KTP proses verifikasi dan validasi informasi lain akan lebih mudah. Inilah sebabnya kenapa mencari pinjaman online tanpa foto KTP sangat sulit.

Pencocokan data pada formulir pengajuan pinjaman mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, status pekerjaan, dan lain sebagainya.

Di samping pengecekan data fungsi KTP juga untuk meminimalisir pemalsuan identitas dan rekening bank. Pada jenis pinjaman online langsung cair, proses pencairan dana dengan cara mengirim (transfer) uang pinjaman ke rekening peminjam dengan nama sama persis dengan KTP.

Perbedaan Dokumen KTP dan Tanpa Foto KTP Sebagai Syarat Pinjaman

Jika kita perhatikan, Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi salah satu persyaratan yang wajib debitur lengkapi. Mau mengajukan pinjaman online maupun konvensional, dokumen kependudukan ini menjadi syarat utama untuk mengungkap identitas seseorang.

Secara garis besar terdapat dua metode pengumpulan identitas diri:

1. Dokumen KTP

KTP sebagai dokumen persyaratan pengajuan pinjaman online umunya dengan melakukan scanner terhadap kartu identitas tersebut. Dengan metode ini calon peminjam bisa mengunggah file dalam format gambar maupun pdf sebagai salah satu persyaratan kredit.

Kelebihan dari sistem pinjaman online tanpa foto KTP utamanya ialah pengajuan tidak hanya melalui smartphone. Melainkan bisa juga menggunakan Laptop dan Komputer sehingga lebih efektif dan fleksibel.

2. Foto KTP

Di samping mengisi formulir, pengajuan pinjaman online melalui aplikasi berbasis android biasanya mewajibkan calon peminjam mem-foto KTP mereka.

Biasanya dalam sebuah aplikasi pinjam online berbasis android, fitur pengambilan foto setelah mendaftarkan diri sebagai pengguna atau setelah mengisi informasi pribadi.

Mengingat pengambilan foto KTP wajib melalui aplikasi maka pengajuan pinjaman online ini harus melalui smatphone dengan kualitas kamera jernih. Jika tidak, foto yang anda ambil tidak dapat terbaca baik oleh sistem dan bakal meminta pengambilan ulang.

Dari uraian di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengajuan pinjaman online tanpa KTP hanya melalui situs website.

Jika pengajuan pinjaman online syarat KTP biasanya melalui aplikasi berbasis android beda halnya dengan pinjaman tanpa foto KTP.

Pinjaman ini biasanya melalui website sehingga lebih memudahkan calon peminjam. Dengan demikian anda tidak harus memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang bagus karena permohonan pinjaman bisa lewat Laptop maupun Komputer.

Meskipun tidak menutup kemungkinan tawaran pinjaman online tanpa foto KTP Anda temukan, kami selalu sarankan buat Anda khanya mengajukan pinjaman fintech lewat bank atau Fintech terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan.