Pinjaman Online

Sejumlah Bank Siapkan Pinjaman Online

Boomingnya pertumbuhan Financial Technology (Fintech) yang menawarkan pinjaman online ternyata bikin gerah perbankan di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan langkah dan upaya sejumlah bank di tanah air menyiapkan produk pinjaman dengan metode pengajuan online.

Tak lama lagi, masyarakat bakal lebih banyak disuguhi pinjaman berbasis Kredit Tanpa Agunan. Disamping memberikan pilihan baru, pinjaman online dari Bank juga memberikan keleluasaan dalam membeli produk keuangan terbaik. Berikut beberapa bank yang telah merilis dan menyiapkan program pinjaman online.

1. BNI Siapkan Fitur Pinjaman Online via Mobile Banking

PT Bank Negara Indonesia (BNI) tengah menyiapkan fitur pinjaman online melalui aplikasi BNI Mobile Banking. Seperti yang kita ketahui, selama ini BNI memiliki produk Kredit Tanpa Agunan yang bernama BNI Fleksi. Ke depan fasilitas pinjaman tanpa jaminan ini tidak hanya dapat diajukan melalui website dan ATM saja, melainkan bisa fully digital.

Sebagaimana diberitakan Kontan.co.id (11/3), General Manager Product Management Division BNI Donny Bima mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menyempurnakan proses KTA BNI untuk fully digital. Nantinya proses pengajuan, scoring, hingga pencairan kredit tanpa agunan bisa dilakukan seratus persen secara online.

Rencananya fitur pengajuan pinjaman online Bank BNI tersebut akan disematkan dalam aplikasi Mobile Banking. Lebih lanjut, Donny berharap dengan metode pengajuan secara online, pinjaman KTA BNI Fleksi dapat tumbuh hingga 40% pada tahun ini.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Kredit Pintar Agar di ACC

2. BRI Agroniaga Luncurkan Aplikasi Pinjaman Tenang

aplikasi pinjaman online bank bri

Anak perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia yakni BRI Agroniaga selangkah lebih maju dalam menyediakan pinjaman online. Tepat pada 23 Februari lalu BRI Agro secara resmi merilis produk digital lending bernama Pinjaman Tenang (Pinang).

Melalui aplikasi Pinang, masyarakat bisa mengajukan pinjaman online hingga Rp 20 juta dengan tenor mulai 1 bulan hingga 12 bulan. Platform digital lending tersebut diluncurkan untuk memberikan kemudahan dan keamanan bagi masyarakat dalam mengakses pinjaman online.

Latar belakang BRI Agro merilis Aplikasi Pinang tidak lain dikarenakan adanya keresahan umum yang saat ini semakin marak terjadi akibat pinjaman online. Selain suku bunga besar, kebanyakan dari layanan pinjam meminjam online saat ini belum terdaftar OJK.

Baca Juga: Saingi Fintech, BRI Luncurkan Aplikasi Pinjaman Online Pinang

3. Bank CIMB Niaga Siapkan Fitur Pengajuan KTA Online

Aplikasi pinjaman online bank

Tak mau ketinggal dengan BNI dan BRI Agro, Bank CIMB Niaga juga tengah menyiapkan program serupa. Menurut Direktur Konsumer CIMB Niaga, pengajuan KTA secara online saat ini sedang dalam tahap persiapan dan sudah piloting dengan perusahan fintech.

Dengan masuknya fitur KTA online pada layanan digital diharapkan mampu mengerek pertumbuhan kredit Bank CIMB Niaga. Sebagai gambaran saja, penyaluran KTA CIMB Niaga tahun lalu minus dibanding tahun sebelumnya. Keistimewaan KTA CIMB yakni dapat diajukan oleh masyarakat non nasabah dengan ketentuan fasilitas kartu kredit.

Adapun limit kredit yang ditawarkan CIMB Niaga melalui produk KTA mencapai Rp 200 juta dengan jangka waktu maksimal 48 bulan dengan bunga 1,59% s/d 1,79% flat per bulan.

Kehadiran fitur dan produk pinjaman online dari Bank memberikan warna baru di dunia bisnis keuangan tanah air. Selain bersaing ketat dengan Fintech, layanan pengajuan pinjaman secara online bakal memberikan kemudahan dan keamanan bagi masyarakat memperoleh produk keuangan legal di bawah pengawasan OJK.

Tags

Munandar

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di danaasyik.com.
Back to top button
Close