Koinworks Salurkan Pinjaman Rp 150 Miliar Per Bulan, UangTeman Dapat Izin OJK

Dipublikasikan oleh Munandar pada

Koinworks merupakan salah satu Fintech Peer to Peer Lending yang sudah memperoleh tanda terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2017. Sementara Uangteman sudah kantongi izin usaha dari OJK. Koinworks merupakan fintech yang diselenggarakan oleh PT Lunaria Annua Teknologi tiap bulannya telah berhasil menyalurkan pinjaman sebesar Rp 150 miliar. Pencapaian yang bisa dibilang luar biasa mengingat pinjam meminjam yang diselenggarakan oleh Koinworks dilakukan dengan sistem online. Meningkatkan penyaluran kredit bagi peminjam tentunya menjadi salah satu bukti bahwa Koinworks memiliki tingkat kepercayaan tinggi. Disamping meningkatnya jumlah penyaluran dan penerima kredit. Peningkatan juga terlihat dari jumlah pendana yang bersedia menginvestasikan dana dengan memberikan pinjaman kepada peminjam.

Pola Market Ecommerce di Indonesia Jadi Pendorong Meningkatnya Penyaluran Pinjaman

koinworks

Seperti dilansir halaman kontan.co.id, Koinworks cenderung lebih banyak menyalurkan pinjaman bagi pelaku usaha fesyen, elektronik, aksesoris, dan kosmetik.

Menurut Chief of Marketing Koinworks Jonathan Byran, meningkatnya penyaluran pinjaman. Salah satunya didorong pola market e-commerce dan penjualan melalui media sosial di Indonesia yang tidak ada matinya. Menurutnya, event perayaan ulang tahun ecommerce, dan beberapa momentum seperti lebaran, tahun ajaran baru. Dan hari belanja online selama ini membuat kebutuhan dana masyarakat stabil tiap bulannya.

Selama ini Koinworks memang menargetkan penyaluran pinjaman bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Khususnya mereka yang menjual produknya melalui sosial media maupun e-commerce. Bahkan segmen penerima pinjaman dari seller online ini memberikan kontribusi hingga 80% dari keseluruhan penyaluran pinjaman.

Melihat trend peningkatan penyaluran pinjaman dari tahun ke tahun yang meningkat cukup signifikan. Koinworks membidik target penyaluran pinjaman sepanjang 2019 bisa mencapai Rp 2,2 triliun hingga Rp 2,3 triliun. Jika target ini terpenuhi pastinya tahun 2020 depan Koinworks bakal mematok target penyaluran pinjaman lebih besar lagi.

Asal tahu saja, Koinworks menawarkan pinjaman bisnis dan pinjaman pendidikan bagi pengguna. Para pelaku usaha online bisa mengajukan pinjaman dengan nominal terkecil Rp 10 juta. Dengan pilihan tenor mulai 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 15 bulan, hingga 18 bulan.

UangTeman dapat Izin OJK

uangteman

Jika hingga saat ini Koinworks masih berstatus terdaftar OJK beda halnya dengan Fintech pinjaman online UangTeman. Fintech yang diselenggarakan PT Digital Alpha Indonesia ini telah memperoleh izin dari OJK sejak 24 Mei 2019. Dengan demikian UangTeman secara resmi menjadi fintech ke-6 yang memperoleh izin usaha. Setelah sebelumnya terdapat 5 Fintech Pinjaman Online yang telah Kantongi Izin OJK. Sebelumnya, OJK telah mengeluarkan izin untuk 5 fintech yakni Danamas, Investree, Amartha, Dompet Kilat, dan KIMO.

Berbeda dengan Koinworks yang menyasar pelaku UMKM, selama ini UangTeman cenderung menyalurkan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Hal tersebut bisa kita lihat dari segi permohonan kredit yang diperbolehkan. Beberapa diantaranya untuk memenuhi kebutuhan liburan, kesehatan, pembelian perabotan, dan sebagainya.

Kendati demikian, setelah memperoleh izin OJK UangTeman menargetkan bisa meningkatkan kontribusi dalam penyaluran pinjaman produktif secara bertahap. Hal ini senada dengan uangkapan SVP Corporate Affairs UangTeman Adrian Dosiwoda seperti dilansir halaman kontan.co.id.

Sebagai informasi tambahan, UangTeman merupakan fintech P2P Lending yang menawarkan pinjaman kilat dengan proses pencairan 1×24 jam. Selama empat tahun, UangTeman sudah berhasil menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 620 miliar. Dengan jumlah peminjam lebih dari 65 ribu orang.

Sayangnya dalam website resmi UangTeman saat ini menginformasikan bahwa layanan pinjaman tidak tersedia. Dalam pengumuman tersebut juga terdapat keterangan bahwa tidak tersedianya pinjaman saat ini hanya bersifat sementara lantaran sedang ada pembaruan produk. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman UangTeman harap bersabar. Karena kehadiran produk pinjaman baru akan dibuka kembali paling lambat akhir bulan ini.


Munandar

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.