Apakah Kredit Pintar Terdaftar di OJK?

Dipublikasikan oleh Munandar pada

Apakah Kredit Pintar Terdaftar di OJK? Sebelum mengajukan pinjaman Kredit Pintar. Tidak ada salahnya jika Anda mengecek legalitas perusahaan Fintech tersebut apakah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau tidak. Maraknya kasus pinjaman online yang diberitakan berbagai media tentu menjadikan pembelajaran bagi kita. Jika salah memilih, bisa-bisa kita justru bakal berhadapan dengan masalah keuangan yang lebih rumit dari persoalan saat ini. Salah satu langkah tepat dalam mencari pinjaman online tidak lain dengan melihat legalitas fintech tersebut. Pastikan Anda hanya mengajukan pinjaman pada fintech yang telah terdaftar OJK. Lalu apakah Kredit Pintar terdaftar OJK?

apakah kredit pintar terdaftar ojk

Cari Tahu Apakah Kredit Pintar Telah Terdaftar OJK?

Pinjaman online yang cepat cair dan tanpa syarat agunan adalah alternative bagi masyarakat dalam memperoleh dana tunai dengan pengajuan mudah. Layanan pinjaman online tersebut kemudian disebut dengan istilah Financial Technology (Fintech). Salah satu fintech ternama di Indonesia ialah Kredit Pintar yang menawarkan pinjaman tunai dengan proses pencairan cepat.

Kredit Pintar adalah aplikasi atau platform fintech yang diselenggarakan oleh PT Kredit Pintar Indonesia. Kantor fintech tersebut berada di Treasury tower lantai 53 Jl. Tulodong Atas 6 No.47, RT.5/RW.3, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota.

Secara resmi, PT Kredit Pintar Indonesia telah terdaftar OJK sejak 06 April 2018 dengan nomor tanda terdaftar S-258/NB.213/2018. Dengan demikian bisa dipastikan Kredit Pintar telah terdaftar OJK dan beroperasi berdasar regulasi yang ada.

Terdaftarnya Kredit Pintar pada OJK secara tidak langsung menuntut fintech P2P Lending tersebut untuk mematuhi peraturan Otoritas Jasa Keuangan POJK Nomor 77/POJK.01/2016. POJK tersebut mengatur sistem pinjam meminjam online dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dalam operasionalnya sendiri, Kredit Pintar menawarkan pinjaman online dengan tiga pilihan plafon dan tenor. Adapun nominal pinjaman tunai yang bisa diajukan yakni mulai Rp 500.000 dengan jangka waktu selama 14 hari. Rp 1.000.000 dengan tenor 28 hari, dan Rp 2 juta dengan tenor 3 bulan.

Syarat untuk memperoleh dana tunai melalui aplikasi tersebut bisa dibilang sangat mudah bahkan hanya membutuhkan KTP dalam proses pengajuan nya. Adapun kriteria masyarakat yang bisa mengakses pinjaman tersebut diantaranya Warga Negara Indonesia; rentang usia antara 18-60 tahun; dan memiliki KTP serta rekening bank atas nama sendiri. Proses pengajuan pinjaman juga kelewat mudah. Untuk mengetahui bagaimana prosesnya silakan simak cara pinjam uang di Kredit Pintar agar di ACC.

Keunggulan Fintech Pinjaman Online Terdaftar OJK

Apakah Kredit Pintar Terdaftar di OJK

Salah satu tugas dan kewenangan Otoritas Jasa Keuangan adalah melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap lembaga keuangan. Baik di sektor perbankan maupun non perbankan. Meski masih menjadi polemik, tak dapat dipungkiri fintech menjadi salah satu lembaga keuangan non bank yang ada saat ini.

Terdaftarnya fintech pada OJK memiliki banyak keunggulan baik untuk keberlangsungan perusahaan tersebut maupun terhadap perlindungan konsumen. Fintech terdaftar wajib mentaati POJK Nomor 77/POJK.01/2016 yang memuat berbagai peraturan.

Dari sekian banyak poin terdapat dua bab menarik yang yakni BAB V tentang Mitigasi Risiko. Dan Bab VII tentang edukasi dan perlindungan bagi pengguna layanan pinjam meminjam.

Mitigasi Risiko memberikan keuntungan bagi penyelenggara fintech terdaftar termasuk Kredit Pintar untuk mengakses Sistem Informasi Layanan Keuangan OJK. Selain itu fintech legal juga berpeluang melakukan pertukaran data guna meningkatkan kualitas layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi di Indonesia.

Baca Juga: Flexi Cash Jenius Review, Cara Mengajukan Pinjaman

Sedangkan peraturan yang termuat dalam BAB VII yakni berkaitan dengan edukasi dan perlingungan bagi pengguna layanan. Sangat penting manfaatnya bagi masyarakat. Peraturan ini mewajibkan penyelenggara fintech termasuk Kredit Pintar untuk menerapkan transparansi. Perlakuan adil, keandalan, kerahasiaan dan keamanan data, serat penyelesaian sengketa.

Transparansi dalam penyediaan jasa menuntut fintech legal untuk memberikan informasi secara terbuka. Salah satunya mengenai biaya dan suku bunga bagi peminjam. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang sangat bermanfaat bagi pengguna.

Dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwa Kredit Pintar terdaftar OJK dengan mengikuti POJK Nomor 77/POJK.01/2016 serta ketentuan yang ada.


Munandar

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.