Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Survey 2019

Dipublikasikan oleh Munandar pada

Gadai tanpa survey memiliki banyak kelebihan dan kekurangan tersendiri. Persetujuan cepat menjadi kelebihan utama karena akad pinjam meminjam bisa langsung dilakukan tanpa menunggu penilaian pemberi pinjaman. Kendati demikian hampir setiap lembaga keuangan terdaftar OJK melakukan proses survey atau appraisal untuk menilai sertifikat rumah sebagai objek jaminan. Maka tidak heran jika Anda merasa kesulitan mencari tempat gadai sertifikat rumah tanpa survey proses cepat. Apalagi jika kita sudah bicara fasilitas gadai atau pinjaman di perbankan terkemuka seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Sudah pasti terdapat persyaratan cukup ribet mulai dari lokasi tanah, legalitas, hingga kondisi bangunan rumah.

Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Survey

Menggadaikan sertifikat rumah berarti memberikan hak kepada seseorang atau lembaga berpiutang (pemberi pinjaman) terhadap SHM tanah dan bangunan yang dimiliki. Meski secara definisi dan ketentuan antara gadai dan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah cukup besar perbedaannya. Namun banyak masyarakat cenderung menganggap sama kedua jenis pinjaman tersebut.

Sedangkan gadai sertifikat rumah tanpa survey secara sederhana bisa kita pahami sebagai proses pinjam meminjam dengan jaminan berupa SHM tanah dan bangunan dimana persetujuan diberikan tanpa melakukan peninjauan langsung. Praktik gadai tanpa survey dan tanpa BI Checking biasanya dilakukan secara perseorangan maupun melalui lembaga yang kurang kredibel.

Kesimpulan tersebut bisa kita ambil lantaran setiap lembaga keuangan maupun pergadaian legal dan terpercaya. Pasti telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lebih lanjut lembaga keuangan dan pergadaian yang terdaftar dan diawasi OJK wajib mengikuti prosedur dan peraturan OJK. Termasuk dalam memberikan persetujuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah.

gadai sertifikat rumah tanpa survey

Baca Juga: Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong, 3 Hari Cair

Tempat Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Survey dengan Proses Cepat

Kami tidak merekomendasikan Anda untuk mencari tempat gadai sertifikat tanah dan bangunan tanpa peninjauan. Pasalnya dari penelusuran hiduphemat.com belum terdapat lembaga keuangan yang memiliki kredibilitas sebagai tempat pinjaman jaminan sertifikat tanpa survey. Kendati demikian beberapa praktik gadai tanpa survey bisa saja Anda peroleh dari dua tempat berikut:

1. Gadai Sertifikat Rumah Secara Perorangan

Dalam kondisi terdesak dan butuh pinjaman uang segera, gadai sertifikat rumah perorangan bisa saja Anda lakukan. Meski demikian proses pinjam meminjam ini memiliki risiko cukup besar karena tidak adanya kekuatan hukum di dalam perjanjian tersebut. Untuk itu jika terpaksanya Anda harus menggadaian SHM tanah dan rumah ada baiknya hanya Anda lakukan dengan orang terpercaya. Entah saudara, maupun tetangga. Dengan kata lain, gadai secara perorangan baiknya hanya dilakukan sekedar untuk memberikan keyakinan kepada pemberi pinjaman jika Anda akan segera mengembalikan pinjaman tersebut.

Kewaspadaan dan sikap kehati-hatian perlu Anda tingkatkan. Terutama jika memutuskan untuk meminjam sejumlah uang dengan gadai sertifikat hak milik tanpa peninjauan, terlebih secara perorangan. Jangan sekali-kali melakukan perjanjian pinjam meminjam ini dengan orang yang tidak Anda kenal. Ketidakpastian hukum dan ketentuan bisa saja menjerumuskan Anda daam persoalan lebih rumit sehingga menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

2. Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi

Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu organisasi ekonomi yang dioperasikan berdasar asas kekeluargaan. Jika Anda terdaftar sebagai salah satu koperasi simpan pinjam. Tidak menutup kemungkinan bisa pinjam sejumlah uang dengan gadai sertifikat rumah tanpa survey.

Meski demikian, tidak mudah bagi kita menemukan koperasi yang menerima pengajuan pinjaman tanpa survey. Biasanya koperasi yang menerima gadai tanpa survey masih terbatas pada koperasi non badan hukum. Dan biasanya hanya tersedia dalam lingkup kecil, misalnya RW, Dusun, maupun kelompok organisasi tertentu.

Sekalipun menemukan koperasi yang bisa memberikan pinjaman jaminan sertifikat rumah tanpa survey masih banyak kekurangan dari pinjaman ini. Beberapa diantaranya seperti limit pinjaman kecil, dan keamanan sertifikat yang Anda gadaikan. Untuk itu sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman gadai sertifikat tanpa survey semacam ini. Anda perlu mengetahui risiko di dalamnya termasuk keamanan sertifikat yang Anda gadaikan.

Segenting apapun masalah keuangan yang Anda hadapi ada baiknya selalu berfikir jernih sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah tanpa survey 2019. Sebagai alternatif gadai sertifikat rumah tanpa survey Anda bisa memilih fasilitas gadai sertifikat rumah di pegadaian maupun pinjaman bank.


Munandar

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.