Pinjaman BRI Jaminan Sertifikat Rumah 2019

Dipublikasikan oleh Admin pada

Sertifikat rumah menjadi salah satu aset berharga yang bisa dijadikan jaminan pinjaman di BRI. Bahkan dengan agunan tersebut kita bisa saja memilih beberapa jenis pinjaman uang. Salah satu pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah bisa diajukan melalui produk Kupedes. Berapa jumlah pinjaman yang bisa diajukan dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan? Simak ulasan lengkap terkait Kupedes BRI 2019 di bwah ini.

Pinjaman BRI Jaminan Sertifikat Rumah 2019

Salah satu produk kredit BRI yang bisa kamu ajukan dengan jaminan sertifikat rumah ialah Kredit Usaha Pedesaan atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan KUPEDES BRI. Melalui produk ini kamu bisa ajukan pinjaman hingga Rp 200 juta dengan jangka waktu antara 1-10 tahun.

Kamu tidak perlu khawatir mencari tempat pengajuan pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah. Pasalnya perbankan yang terkenal memiliki jaringan terluas di Indonesia ini memberikan layanan cukup memuaskan. Kamu bisa ajukan pinjaman melalui kantor unit atau teras BRI terdekat.

Siapkan Syarat dan Dokumen Pinjaman BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Meski BRI menjanjikan kemudahan nasabah dalam memperoleh produk kredit. Bukan berarti nasabah dapat mengajukan pinjaman tanpa syarat, karena calon debitur diharuskan memiliki kriteria penerima dana. Hanya WNI dengan pekerjaan sebagai wiraswasta dan badan hukum yang bisa mengajukan pinjaman BRI dengan jaminan sertifikat rumah via KUPEDES BRI. Usia nasabah minimum 21 tahun dan maksimum 60 tahun juga menjadi salah satu kriteria calon debitur.

Pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah bisa diajukan dengan beberapa dokumen administrasi. Beberapa dokumen persyaratan diantaranya KTP Elektronik, Surat izin usaha atau legalitas usaha, dan rekening tabungan BRI.

Disamping syarat mudah dan tenor panjang, pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah juga diberikan dengan bunga kompetitif. Debitur akan dikenakan bunga sekitar 13,5% per tahun dengan biaya administrasi mulai Rp 10.000. Menariknya lagi BRI membebaskan biaya provisi sehingga semakin ringan dianjukan siapa saja.

pinjaman bri 2019 jaminan sertifikat rumah dan tanah

Sertifikat Rumah dan Tanah sebagai Jaminan Kredit BRI

Menjadikan sertifikat rumah dan tanah sebagai jaminan kredit memang memiliki resiko. Namun jika dilihat dari kelebihan, pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah dan tanah banyak memiliki keunggulan. Berikut beberapa keunggulan Kupedes BRI 2019 yang perlu Anda tahu:

1. Syarat dan Ketentuan Mudah

Pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah dan tanah tergolong jenis kredit dengan syarat mudah. Bahkan Kupedes BRI dapat diajukan oleh semua sektor usaha mulai Perdagangan, Pertanian, Perindustrian, dan Jasa. Ketentuan utama pengajuan pinjaman ialah usaha debitur telah berjalan minimum satu tahun. Disamping mengisi formulir pengajuan, calon debitur juga diminta untuk melampirkan dokumen identitas diri berupa KTP atau SIM, dan dokumen legalitas usaha minimal yang dikeluarkan oleh Lurah/ Kepada Desa.

2. Penggunaan Dana Fleksibel

Berbeda dengan KTA BRI 2019 yang merupakan program pemerintah, Kupedes merupakan fasilitas kredit yang sepenuhnya diberikan oleh BRI bagi debitur. Dilihat dari segi pembiayaan, Kupedes bisa dimanfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan. Beragam keperluan mulai biaya pendidikan, biaya renovasi rumah, pembelian barang bergerak dan tidak bergerak, hingga pembelian kendaraan bermotor bisa saja dibiayai menggunakan dana Kupedes 2019.

Disisi lain, pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah dan tanah BRI ini bisa juga dimanfaatkan untuk memenuhi modal usaha. Bahkan segala sektor usaha bisa mendapatkan pinjaman dari program Kupedes.

3. Agunan Tidak Harus Bersertifikat

Poin penting yang sulit kita temukan pada pinjaman bank lain yakni status agunan tidak harus bersertifikat. Dengan demikian calon debitur bisa saja menggunakan AJB, Leter C, Girik, dan sejenisnya sebagai jaminan mengajukan pinjaman di Bank BRI. Kendati demikian status tanah dan bangunan bersertifikat lebih diprioritaskan karena memiliki legalitas jelas. Adapun kriteria rumah dan tanah yang bisa dijadikan sebagai jaminan kredit Kupedes BRI 2019 diantaranya sebagai berikut:

  • Memiliki akses jalan yang dapat dilalui mobil.
  • Jauh dari makam, sutet, dan tiang listrik, dan bangunan umum lainnya.
  • Rumah dan tanah legal dan tidak dalam sengketa.

4. Tenor dan Skema Pembayaran Fleksibel

Jauh berbeda dengan pinjaman uang online 2019 dari perusahaan non bank yang biasanya menawarkan jangka waktu kredit pendek. Pinjaman BRI jaminan sertifikat tanah dapat diajukan dengan skema bulanan, tempo, bahkan pembayaran musiman sesuai kemampuan debitur. Ketentuan pembayaran pinjaman secara tidak langsung memudahkan siapa saja mengajukan pinjaman Kupedes BRI 2019 entah itu pedagang, petani, nelayan, dan lain sebagainya.

5. Biaya dan Suku Bunga Pinjaman Ringan & Kompetitif

Pernahkah anda menggadaikan BPKB Motor dan mendapati jumlah pinjaman terpotong beragam biaya? Melalui Kupedes BRI beban administrasi cukup ringan bahkan mulai Rp 10 ribu. Selain itu pencairan pinjaman juga bebas biaya provisi. Dengan demikian debitur dapat memaksimalkan pemanfaatan dana untuk memenuhi kebutuhan sesuai perencanaan.

6. Fasilitas Asuransi

Debitur Kupedes akan memperoleh failitas Asuransi Jiwa Kredit, Asuransi Kesehatan, hingga Asuransi Kecelakaan. Bilamana nasabah meninggal dunia maka sisa pinjaman akan diambil alih oleh pihak asuransi. Dengan demikian seburuk apapun nasib anda, tidak akan meninggalkan urusan piutang pada ahli waris.

7. Metode Pembayaran Mudah dengan Jaringan Luas

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, BRI memang dikenal sebagai perbankan nomor wahid dan memiliki jaringan terluas di Indonesia. Bahkan hampir di seluruh kecamatan, kabupaten telah berdisi unit kerja BRI yang dapat Anda tuju saat pembayaran angsuran bulanan. Selain dengan setoran tunai, pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan dengan metode transfer ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.

8. Bonus Bagi Debitur Terpilih

Jika Anda termasuk debitur yang tertib membayar cicilan bulanan, tidak menutup kemungkinan bakal memperoleh bonus. Bonus ini bisa berupa potongan angsuran dan bentuk lain sesuai ketentuan yang berlaku.

Prosedur Pengajuan Pinjaman BRI

Secara garis umum pengajuan pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah bisa Anda lakukan melalui prosedur berikut:

1. Mendatangi Kantor Cabang Bri Terdekat.

Setelah segala persyaratan Anda persiapkan tahap pertama yang perlu Anda lakukan ialah mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Jika belum memiliki pengetahuan tentang produk Kupedes BRI 2019 anda bisa menanyakan langsung pada petugas.

2. Menuju Customer Service Dan Mengisi Formulir Pengajuan.

Sesuai tujuan, silakan menuju CS untuk memperoleh informasi resmi sekaligus mengisi formulir pengajuan. Bila bingung saat mengambil nomor antrian silakan bertanya pada security jaga. Karena jika salah mengambil nomor antrian jangan-jangan Anda diminta ke teller dan bulan ke Customer Service. Pada tahap ini silakan utarakan maksud dan tujuan kedatangan untuk mengajukan pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah. Nantinya pihak CS akan menginformasikan program terbaru termasuk di dalamnnya produk KUR BRI dan Kupedes BRI 2019.

Pada tahap awal, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kredit sebagaimana prosedur yang ada. Untuk itu pastikan data yang diisikan dalam form tersebut valid dan sesuai kondisi sebenarnya. Untuk pengajuan anda bisa menyerahkan aplikasi kredit berupa formulir yang telah diisi dan dokumen persyaratan.

3. Menunggu Proses Survey Dan Persetujuan.

Proses selanjutnya, nasabah tinggal menunggu survey dari pihak bank dan menunggu kepastian persetujuan. Survey dan persetujuan pinjaman sendiri memungkinkan dilakukan dalam waktu 7-14 hari kerja.

4. Penandatangan Perjanjian Pinjam Meminjam Dan Pencairan Dana.

Jika permohonan kredit Kupedes BRI 2019 disetujui, debitur akan diminta untuk menandatangani perjanjian pinjam meminjam dengan pihak Bank. Bila penandatanganan telah selesai, pinjaman BRI jaminan sertifikat rumah siap dicairkan ke rekening. Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan dana tunai tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang sebelumnya telah Anda rencanakan.