Tabel Angsuran KUR BNI Terbaru 2019

Dipublikasikan oleh Munandar pada

Bank BNI dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan KUR 2019. Kinerja dan dedikasi BNI dalam upaya menyalurkan KUR bagi UMKM sudah tidak diragukan lagi. Bahkan di tahun lalu, penyaluran Kredit Usaha Rakyat BNI melampaui target. Tidak berlebihan jika tahun ini BNI memperoleh porsi dana lebih besar dibandingkan tahun lalu. Bagi Anda yang tertarik mengajukan Kredit Usaha Rakyat silakan simak syarat dan tabel KUR BNI 2019 terbaru.

Kredit Usaha Rakyat Bank BNI 2019

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pinjaman modal kerja dan investasi dari pemerintah yang ditujukan bagi UMKM di Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM yang selama ini sulit mengakses permodalan dari Bank. Baik karena ketidaktersedianya agunan tambahan maupun legalitas usaha.

Selain itu, KUR diberikan dengan subsidi suku bunga sehingga debitur cukup membayarkan bunga pinjaman sebesar 7% per tahun. Tahun 2019 ini subsidi diberikan sebesar Rp 12,2 triliun dengan perkiraan penyaluran Rp 140 triliun. Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution 60% dari total dana tersebut ditargetkan untuk sektor produktif.

Tahun ini BNI memperoleh jatah dana KUR sebesar Rp 17 triliun atau meningkat sekitar 25,9% dari tahun lalu Rp 11,9 triliun. Banyaknya tambahan dana untuk BNI tidak serta merta diberikan begitu saja melainkan karena kinerja BNI dalam penyaluran KUR tahun lalu sangat baik. Anda bisa memilih tenor pinjaman mulai 1 tahun hingga 5 tahun dengan cicilan ringan sesuai tabel KUR BNI 2019.

Syarat KUR Bank BNI 2019

Syarat pengajuan Kredit Usaha Rakyat melalui Bank BNI tidak beda jauh dengan persyaratan pinjaman KUR di bank lain seperti BRI, dan Bank Mandiri. Ketentuan utama yang diperlukan untuk mengajukan KUR yakni merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki usaha produktif dan layak yang telah berjalan minimal enam bulan.

Selain ketentuan utama di atas, masih ada beberapa syarat yang dibutuhkan. Berikut persyaratan yang perlu anda persiapkan jika berkeinginan mengajukan Kredit Usaha Rakyat 2019.

DokumenKeterangan
FC KTP Suami & Istri
FC Kartu Keluarga
FC Surat Nikah
Pas Foto Suami & Istri 4x6 (3 lembar)
Legalitas Usaha
NPWP (Pengajuan di atas Rp 50 juta)

Khusus bagi Anda yang belum memiliki SIUP bisa minta Surat Keterangan Usaha dari Pemerintah Desa, atau Pasar.

Baca: Tabel Angsuran KUR Bank BJB 2019

Keunggulan KUR Bank BNI 2019

Anda dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat BNI untuk memenuhi tambahan modal kerja dan investasi. Fasilitas pembiayaan dengan suku bunga rendah tersebut menjadi idola bagi sebagian UMKM di Indonesia yang membutuhkan dana tambahan.

Bank BNI memberikan kemudahan bagi setiap nasabah untuk mengajukan pinjaman KUR baik secara konvensional maupun online. Selain kantor cabang yang bertebaran di seluruh Indonesia, pinjaman program ini bisa dicicil sesuai tabel KUR BNI 2019. Berikut beberapa keunggulan program Kredit Usaha Rakayt Bank BNI yang sebaiknya Anda tahu.

1. Plafon Kredit Hingga Rp 500 juta

Berapapun kebutuhan modal kerja dan investasi Anda, BNI mampu memfasilitasi pengajuan KUR dengan plafon hingga Rp 500 juta. Asal memenui kriteria penerima dan mengajukan sesuai ketentuan yang berlaku, Anda berkesempatan memperoleh pinjaman modal usaha sesuai kebutuhan. Khusus untuk pengajuan KUR di atas Rp 25 juta calon debitur diwajibkan menyertakan fotocopy jaminan.

2. Bunga KUR 2019 Rendah dan Bersubsidi

Sejatinya KUR merupakan program pemerintah Indonesia dalam upanya mendorong bertumbuhan UKM di sektor produktif. Selain memberikan kemudahan akses, KUR juga diberikan dengan subsidi suku bunga. Sebagaimana yang kita ketahui Suku Bunga Dasar Kredit (Kredit Mikro) perbankan di Indonesia termasuk BNI rata –rata di atas 17%.

Nah dengan mengajukan pinjaman program Kredit Usaha Rakyat Anda bakal memperoleh subsidi suku bunga sehingga hanya dikenakan bunga 7% saja per tahunnya sebagaimana yang tertera pada tabel KUR BNI 2019.

3. Cicilan Ringan dan Tetap

Kredit Usaha Rakyat BNI diberikan dengan tenor maksimal 3 tahun sebagai kredit modal kerja dan maksimal 5 tahun untuk kredit investasi. Berapapun jangka waktu yang diambil, cicilan bulanan ringan dan tetap. Sebelum mengajukan Kredit Usaha Rakyat melalui Bank BNI anda bisa terlebih dahulu melihat simulasi cicilan pembayaran melalui tabel KUR BNI 2019.

Agar pembayaran cicilan berjalan lancar, sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkan jangka waktu kredit yang diambil. Pastikan kewajiban tersebut lebih kecil dari perkiraan margin keuntungan usaha dan atau investasi yang Anda lakukan.

4. Persyaratan Mudah

Sebagaimana yang telah kita sampaikan di atas, syarat pengajuan KUR sangat mudah. Selain terdaftar sebagai WNI dan memiliki usaha produktif yang layak, anda cukup menyertakan beberapa dokumen berikut.

  • Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga;
  • Fotocopy Surat Nikah;
  • Surat ijin usaha atau keterangan usaha dari desa/ kecamatan setempat;
  • Fotocopy jaminan untuk pengajuan KUR di atas Rp 25 juta; dan
  • NPWP khusus bagi Anda yang ingin mengajukan pembiayaan di atas Rp 50 juta.

Dokumen persyaratan di atas sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu. Pasalnya seluruh syarat penunjang wajib disertakan saat mengajukan KUR bersamaan mengumpulkan formulir pendaftaran.

5. Jatah Dana Besar

Keunggulan Kredit Usaha Rakyat berikutnya ialah jatah dana yang besar. Jika di tahun lalu BNI hanya memperoleh jatah penyaluran Rp 11,9 triliun. Tahun 2019 ini jatah dana tersebut meningkat jadi Rp 17 triliun. Ketersediaan dana yang lebih besar memberikan kesempatan persetujuan lebih besar pula bagi nasabah yang mengajukan KUR melalui Bank BNI.

Baca: Jatah Dana KUR BNI 2019 Naik 25,9% Jadi Rp 17 Triliun

Update Perubahan Kebijakan KUR 2020

  • Berdasarkan hasil rapat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM tanggal 12/11. Bunga KUR 2020 bakal turun jadi 6% per tahun.
  • Selain itu jatah dana KUR 2020 juga ditingkatkan dari sebelumnya Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun.
  • Plafon KUR Mikro 2020 ditingkatkan dari sebelumnya Rp 25 juta jadi Rp 50 juta per debitur.

Tabel Angsuran KUR BNI 2019

Program KUR diberikan dengan bunga 7% per tahun dan jangka waktu mulai 1 tahun hingga 5 tahun. Untuk mengetahui gambaran pembayaran cicilan bulanan Anda bisa melihat simulasi tabel Kredit Usaha Rakyat dari Bank BNI di bawah ini.

Berapa bunga KUR BNI 2020?

Berdasar keputusan Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM tanggal 12/11 bunga KUR 2020 bakal turun jadi 6% per tahun.

Berapa dana KUR 2020?

Selain penurunan suku bunga, perubahan juga dilakukan terhadap jumlah dana KUR 2020 yakni sebesar Rp 190 triliun.

KUR Mikro?

Plafon maksimum KUR Mikro 2020 ditingkatkan dari 25 juta menjadi 50 juta per debitur.

Data di atas menampilkan simulasi cicilan yang harus dibayarkan debitur dengan plafon mulai Rp 50 juta hingga Rp 500 juta. Anda bisa mempertimbangkan nominal pembayaran berdasar jangka waktu pinjaman mulai 1 tahun sampai 5 tahun.

Dengan melihat tabel KUR BNI 2019 di atas anda bisa memperoleh gambaran pembayaran cicilan bulanan. Sehingga mampu memperkirakan jumlah dan tenor pinjaman paling sesuai untuk diajukan.


Munandar

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan