Tabel Angsuran KUR BRI Terbaru April 2019

Jumat 01st, Maret 2019 / 11:37 Written by

PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) menjadi salah satu Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR sendiri merupakan program pemerintah Indonesia dalam bentuk pinjaman/ kredit modal kerja, dan atau investasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Karena memperoleh subsidi dari pemerintah, KUR diberikan dengan bunga 7% per tahun. Berapa cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan jika mengajukan pinjaman dengan nominal tertentu? Yuk simak syarat dan tabel KUR BRI 2019 terbaru berikut ini.

Syarat dan Jenis KUR BRI 2019

Selama ini Bank BRI tercatat sebagai perbankan penyalur KUR terbesar. Karena kedekatannya dengan UMKM serta didukung jaringan yang luas, langkah BRI dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat bisa dibilang sangat mulus. Bahkan proses pengajuan KUR BRI 2019 tidak terbatas pada kantor cabang saja melainkan bisa pula dilakukan pada kantor unit, unit pembantu, teras BRI, dan teras BRI Kapal.

Berikut syarat pengajuan 2019 KUR BRI Mikro, KUR Kecil, dan Pembiayaan KUR bagi TKI.

1. KUR BRI Mikro

Plafon Maksimal
Rp 25 juta per debitur
Jangka Waktu Maksimal
3 (tiga) tahun sebagai Kredit Modal Kerja
5 (lima) tahun sebagai Kredit Investasi
Suku Bunga
7% efektif per tahun/ 0,3*% flat per bulan
Agunan
Sesuai ketentuan dan kebijakan BRI

KUR Mikro BRI adalah fasilitas pinjaman atau kredit modal kerja dan investasi dengan plafon maksimal Rp 25 juta. Untuk bisa memanfaatkan KUR Mikro nasabah wajib memiliki usaha produktif dan layak minimal telah berjalan selama enam bulan. Disamping itu calon penerima KUR Mikro juga tidak boleh memiliki kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif misalnya KKB, Kartu Kredit, dan KPR. Cicilan bulanan bisa Anda lihat pada tabel KUR BRI 2019.

Untuk mengajukan KUR Mikro BRI 2019 Anda harus mempersiapkan persyaratan administrasi seperti di bawah ini.

Perorangan atau Individu pelaku usaha produktif serta layak menerima pinjaman KUR
Telah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan
Tidak dalam kondisi menerima fasilitas kredit dari perbankan manapun kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR, dan atau Kartu Kredit
Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (C1), Surat Ijin Usaha

2. KUR Ritel Bank BRI atau KUR Kecil

Plafon Pinjaman
> Rp 25 juta - Rp 500 juta per debitur
Jangka Waktu Maksimal
4 (empat) tahun sebagai Kredit Modal Kerja
5 (lima) tahun sebagai Kredit Investasi
Suku Bunga
7% efektif per tahun/ 0,3*% flat per bulan
Agunan
Sesuai ketentuan dan kebijakan BRI

KUR Ritel BRI merupakan fasilitas pinjaman modal kerja dan investasi bagi UMKM yang bergerak di sektor produktif. Plafon KUR Ritel ditawarkan jauh lebih besar yakni di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. Berikut syarat pengajuan KUR BRI Ritel yang perlu dipersiapkan.

Perorangan atau Individu pelaku usaha produktif serta layak menerima pinjaman KUR
Tidak dalam kondisi menerima fasilitas kredit dari perbankan manapun kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR, dan atau Kartu Kredit
Telah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan
Mempunyai Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan
Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (C1), Surat Ijin Usaha

3. KUR BRI 2019 Pembiayaan TKI

Plafon Maksimal
Rp 25 juta per debitur
Jangka Waktu Maksimal
3 (tiga) tahun dan atau sesuai kontrak kerja
Suku Bunga
7% efektif per tahun/ 0,3*% flat per bulan
Agunan
Sesuai ketentuan dan kebijakan BRI
Tujuan Penempatan
Malaysia, Brunei Darusalam, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong

KUR TKI ditujukan bagi calon Tenaga Kerja Indonesia yang telah mendapatkan tempat magang atau penempatan kerja di luar negeri. Tujuan pembiayaan ini tidak lain untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat dalam mencari pekerjaan di luar negeri. Syarat KUR TKI dapat anda simak dari tabel berikut.

Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
Identitas KTP dan Kartu Keluarga
Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
Perjanjian penempatan kerja
Passpor dan Visa
Persyaratan lain bila diperlukan

Baca: Dana KUR BNI 2019 Naik Jadi 17 Triliun

Keunggulan KUR Bank BRI 2019

Bank BRI bukan satu-satunya bank penyalur KUR karena masih banyak perbankan lain yang juga turut menyalurkan pinjaman mikro bagi UMKM. Beberapa diantaranya seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BPD, Bank Artha Graha, dan sebagainya.

Kendati demikian BRI masih menjadi favorit masyarakat untuk mengajukan pinjaman KUR baik Mikro, Kecil, maupun KUR TKI. Berikut beberapa keunggulan KUR BRI 2019 sehingga banyak diminati masyarakat khusunya UMKM.

1. Jatah Dana KUR BRI Paling Besar

Bukan rahasia lagi jika perbankan dengan kode emiten BBRI tersebut memperoleh jatah dana KUR terbesar. Wajar jika hampir di setiap kantor unit, BRI selalu menerima pengajukan KUR dari UMKM bahkan masing-masing marketing atau mantri KUR mendapat target untuk menyalurkan dana KUR dengan nominal tertentu.

2. Jaringan dan Tempat Pengajuan KUR BRI Luas

BRI juga kerap disebut sebagai Bank Sejuta Umat, dimana strata nasabahnya sangat beragam mulai dari kelas bawah, menengah, hingga atas. Nasabah BRI juga tidak terbatas pada kota-kota besar saja, di pedesaan, bahkan pelosok sekalipun dapat dijangkau. Jaringan luas memberikan kemudahan bagi setiap pribadi dalam mengakses informasi sekaligus mengajukan KUR BRI. Di samping proses pengajuan, ketersediaan unit layanan memudahkan pula debitur membayar cicilan bulanan sebagaimana tertera dalam tabel KUR BRI 2019.

3. Suku Bunga Ringan dengan Angsuran Tetap

Mau mengajukan KUR Mikro maupun KUR Ritel BRI, suku bunga yang dikenakan tetap 7% per tahun. Bahkan dengan sistem bunga flat per bulan nasabah bisa memilih angsuran tetap per bulan. Angsuran tetap memudahkan debitur untuk mengatur keuangan usaha. Sehingga pembayaran cicilan berjalan lancar tanpa mengganggu keuangan usaha. Anda dapat melihat perkiraan cicilan bulanan pada tabel KUR BRI 2019 yang bisa diperoleh dari brosur.

Baca: Pinjaman Tanpa Agunan BRI

Tabel KUR BRI 2019

Simulasi cicilan bulanan bisa kita pergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jumlah dan tenor kredit. Sebagai gambaran di bawah ini merupakan tabel KUR BRI 2019 terbaru yang kami dapatkan dari Brosur BRI.

tabel kur bri 2019

Tabel KUR BRI 2019

Nb: Seperti informasi yang kami dapatkan, program KUR BRI tahun 2019 ini belum secara global dibuka. Sehingga tidak sedikit unit dan kantor pelayanan belum melayani pengajuan Kredit Usaha Rakyat. Kendati demikian Anda bisa kembali mendatangi kantor bank bersangkutan untuk mencari info terbaru syarat pengajuan serta tabel ngsuran KUR BRI 2019 resmi dari brosur.

Dengan melihat simulasi cicilan KUR BRI di atas, kita bisa lebih bijak dalam menentukan nominal dan tenor pinjaman. Pastikan Anda hanya mengajukan pinjaman sesuai kemampuan membayar cicilan bulanan. Selain itu pastikan pula dana pinjaman hanya Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan produktif.

Overall Score4.5
  • Syarat Pengajuan Mudah
  • Limit Pinjaman
  • Pengajuan Cepat
  • Bunga & Biaya Pinjaman
  • Pengajuan Online

About the author

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.

View all articles by Hiduphemat.com

Tinggalkan Balasan