Tabel Angsuran KUR Bank BJB Terbaru Oktober 2019

Dipublikasikan oleh Munandar pada

BJB atau Bank Jabar Banten adalah perbankan milik pemerintah provinsi Jawa Barat yang turut serta menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kedekatan BJB dengan pengusaha mikro kecil (UKM) di wilayah Jawa Barat memberikan kemudahan dalam menyalurkan dana KUR sesuai target penerima manfaat. Pelaku usaha perorangan maupun badan usaha skala kecil dan menengah bisa menikmati pinjaman bunga 7% per tahun melalui program KUR 2019. Apa saja kriteria nasabah yang bisa mengajukan pinjaman modal usaha dan investasi ini? Simak ulasan mengenai tabel angsuran KUR Bank BJB 2019 di bawah ini.

KUR Bank BJB 2019

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BJB menjadi jawaban terbaik bagi pelaku usaha kecil menangah yang selama ini kesulitan cari pinjaman ke bank. Program pemerintah yang sudah berjalan cukup lama ini kini semakin berpihak pada pelaku usaha mikro dengan pemberian subsidi suku bunga.

Jika kita bandingkan dengan fasilitas kredit modal kerja dan investasi, pinjaman KUR diberikan dengan bunga jauh lebih kecil. Bayangkan saja dalam setahun debitur hanya dikenakan bunga 7%. Wajar jika dari tahun ke tahun penyaluran KUR Bank BJB mengalami peningkatan lantaran semakin banyak masyarakat yang berminat atas produk tersebut.

KUR BJB dapat diajukan secara perorangan maupun badan hukum dengan dua jenis skema. Pertama KUR Mikro diberikan dengan limit kredit hingga Rp 25 juta dan KUR Kecil yang diberikan dengan nominal di atas Rp 25 juta.

Jangka waktu antara 1-5 tahun memberikan kemudahan bagi setiap pelaku usaha mikro memilih tenor sesuai kemampuan mengembalikan pinjaman.

Syarat Pengajuan Kredit Usaha Rakyat Bank BJB

Selain memenuhi kriteria sebagai penerima KUR, Calon debitur KUR BJB juga wajib mengisi formulir pengajuan dan melengkapi dokumen persyaratan. Dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan KUR BJB tidak rumit, beberapa diantaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Fotokopi KTP Elektronik suami istri.
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah atau Surat Cerai bagi yang sudah berkeluarga.
  • Menyertakan NPWP jika ingin mengajukan KUR di atas Rp 50 juta.
  • Menyerahkan surat keterangan usaha.
  • Bukti kepemilikan jaminan bisa berupa SHM/ BPKB kendaraan/ lainnya.
  • Khusus pengajuan perusahaan berbadan hukum, SIUP/ TDP juga dibutuhkan. Disamping itu akta pendirian usaha serta ADART dan KTP pengurus juga diperlukan.
kur bank bjb 2019/ 2020
Baca: Tabel Angsuran KTA Bank BJB

Keunggulan KUR Bank BJB

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah program pemerintah dalam bentuk bantuan pinjaman modal kerja dan investasi bagi pelaku UKM di Indonesia. Program KUR dilaksanakan guna memudahkan pelaku Usaha Kecil Mikro khususnya mereka yang belum bankable untuk memperoleh akses pembiayaan dari perbankan.

Sebagaimana sebelumnya, UKM memang sangat sulit mengakses pembiayaan dari perbankan karena alasan klasik, yakni ketidaktersediaan jaminan tambahan yang layak. Dengan hadirnya Kredit Usaha Rakyat, masyarakat khususnya pelaku UKM bisa lebih mudah mengajukan pembiayaan modal kerja dan investasi guna pengembangan usaha.

Tak dapat dipungkiri, dalam tiga tahun terakhir program KUR sangat diminati masyarakat Indonesia lantaran beragam keuntungan yang ditawarkan. Berikut beberapa keunggulan KUR Bank BJB 2019 yang jadi pendorong minat masyarakat mengajukan pinjaman.

Persyaratan Pinjaman BJB Mudah

Sebagaimana tujuan awal program KUR diluncurkan, yakni untuk memudahkan UKM mengakses pinjaman modal kerja dan investasi. Tidak heran jika KUR ditawarkan dengan syarat sangat mudah. Kriteria utama penerima KUR yakni memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan. Serta tidak sedang menerima pinjaman produktif dari perbankan manapun.

Disamping ketentuan yang mudah terpenuhi, syarat dokumen pengajuan KUR di Bank BJB juga sangat mudah. Beberapa diantaranya E-KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Akta Nikah, Pas Foto, SKU atau Surat Ketarangan Usaha, dan dokumen agunan tambahan.

Suku Bunga dan Cicilan Ringan

Disamping bisa diajukan dengan syarat lebih mudah. KUR Bank BJB 2019 masih memiliki beragam keunggulan lain, selah satunya ialah suku bunga rendah. Program KUR dilaksanakan dengan memberikan subsidi suku bunga bagi debitur UKM. Hal ini sangat berdampak terhadap bunga pinjaman yang wajib dibayarkan debitur.

Kredit Mikro umumnya diberikan dengan suku bunga di atas 17 persen per tahun. Namun karena memperoleh subsidi suku bunga, debitur hanya dikenakan bunga 7% efektir per tahun atau setara dengan 0,3 sekian persen flat per bulan.

Bunga kecil tidak hanya berdampak terhadap margin pengembalian pinjaman saja. Namun juga sangat berpengaruh terhadap cicilan bulanan yang wajib dibayarkan debitur. Dengan bunga 7% per tahun, cicilan bulanan cukup kecil sebagaimana yang terlihat dalam pada tabel angsuran KUR Bank BJB terbaru.

Proses Pengajuan Cepat

Prosedur pengajuan KUR Bank Jabar Banten melalui proses cepat. Nasabah tinggal mendatangi kantor cabang terdekat dan mengisi formulir pengajuan. Disamping menyerahkan formulir yang telah diisi lengkap, dokumen persyaratan seperti yang telah kita bahas di atas tadi juga wajib disertakan.

Setelah aplikasi kredit diserahkan, nasabah tinggal menunggu konfirmasi dari pihak bank untuk proses lanjutan. Dalam jeda waktu tunggu tersebut, petugas akan menganalisis serta melakukan survey untuk melihat kelayakan usaha calon peminjam. Pencairan dana KUR sendiri bisa dilakukan setelah melewati proses persetujuan dan penandatangan perjanjian pinjam meminjam.

Plafon dan Tenor Pinjaman KUR BJB Fleksibel

Bank BJB menawarkan dua skema Kredit Usaha Rakyat yakni Mikro dan Kecil atau Ritel. Dimana KUR Mikro ditawarkan dengan plafon pembiayaan mulai Rp 1 juta hingga Rp 25 juta. Sedangkan KUR Kecil dapat diajukan dengan plafon di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur.

Adapun jangka waktu atau tenor pinjaman KUR di Bank BJB bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dengan ketentuan maksimal tenor bagi debitur baru 36 bulan sebagai modal kerja dan maksimal 60 bulan sebagai investasi.

Sedangkan bagi debitur perpanjangan, suplesi, dan restrukturisasi bisa mengambil jangka waktu maksimal 48 bulan sebagai kredit modal kerja. Dan maksimal 84 bulan sebagai kredit investasi.

Baca: Tabel Angsuran KUR Bank Sinarmas 2019

Tabel Angsuran KUR Bank BJB 2019

Sebagai bahan pertimbangan saja ya, di bawah ini merupakan simulasi tabel angsuran KUR Bank BJB 2019 dengan bunga 7% per tahun.

Tabel Angsuran KUR Bank BJB 2019/ 2020

Data dalam tabel KUR Bank BJB 2019 di atas menunjukkan plafon pinjaman mulai Rp 50 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor antara 1 tahun – 5 tahun. Anda bisa mempertimbangkan nominal dan jangka waktu pinjaman BJB sesuai kebutuhan dan kemampuan melakukan kewajiban pembayaran bulanan.


Munandar

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.