2019, BPD Bali Targetkan Penyaluran KUR Rp 1 Triliun

target kur bpd bali 2019

Setelah meraih penghargaan sebagai Bank Penyalur KUR Terbaik dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD Bali) menargetkan penyaluran KUR 2019 sebesar Rp 1 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya target tersebut naik hampir 100% dimana tahun ini BPD Bali menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 550 miliar.

Penyaluran KUR Tahun Ini

Menurut I Nyoman Sudharma selaku Plt Direktur Utama BPD Bali seperti dilansir oleh bisnis.com. Sejak awal tahun hingga bulan November minggu kedua, BPD Bali telah berhasil menyalurkan KUR sebesar 98% dari target. Itu artinya masih ada sekitar enam minggu bagi BPD Bali untuk mengejar target penyaluran hingga 100%.

Dinobatkannya BPD Bali sebagai penyalur KUR terbaik oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjadi motivasi untuk lebih gencar menyalurkan Kredit Usaha Rakyat.

Masih menurut I Nyoman Sudharma, penghargaan ini dapat diraih karena BPD Bali mampu menyalurkan dana KUR ke sektor produksi hingga 40,71% dari seluruh penyaluran. Lebih lanjut nominal penyaluran tersebut mencapai Rp 219 miliar.

Secara terperinci, penyaluran dana bagi sektor produksi tertinggi yang dicapai BPD Bali berada di Bandung Jawa Barat. Total penyaluran ke sektor produksi di Bandung mencapai Rp 15 miliar atau 55,25% dari total penyaluran.

Sedangkan penyaluran terendah KUR ke sektor produksi berada di Singaraja dengan nilai penyalura Rp 13 miliar atau 22,30% dari penyaluran.

Program KUR bagi sektor produksi dinilai sangat penting karena dapat melibatkan semua alur usaha mulai hulu hingga hilir. Untuk itu BPD Bali masih beraharap penyaluran dana KUR bagi sektor produksi dapat mencapai 50% dari keseluruhan.

I Nyoman Sudharma mengatakan bahwa usaha yang bergerak di sektor produksi dapat menghasilan barang dan jasa. Hal inilah yang memberikan variable penilaian tinggi.

Baca Juga: Dana KUR 2019 Naik Jadi Rp 12,2 Triliun

Target BPD Bali 2019

BPD Bali juga akan melakukan pengoptimalan dalam bersinergi dengan instansi pemerintah guna memperoleh data calon UMKM. Jika data tersebut dipegang, verifikasi pihak bank sebelum menyalurkan dana KUR dapat dilakukan lebih mudah.

Saat ini BPD Bali mematok Rencana Bisnis Bank (RBB) untuk penyaluran bagi UMKM sebesar 37%. Jika dibandingkan dengan RBB minimal sebesar 20% jumlah ini jauh lebih besar. Bahkan BPD Bali juga akan meningkatkan target RBB penyaluran bagi UMKM menjadi 39% di tahun 2019 mendatang.

Selain itu, BPD Bali juga meningkatkan target penyaluran ke sektor pariwisata pada 2019. Skema pembiayaan bagi sektor pariwisata sama dengan pembiayaan bagi sektor lain.

Selama ini BPD Bali mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan KUR Mikro dan KUR Kecil (Ritel). Adapun KUR Mikro dipatok dengan plafon maksimal Rp 25 juta per debitur. Sedangkan KUR Kecil diberikan di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur. Baca juga Dana KUR BNI 2019 Naik Jadi Rp 17 Triliun.